VISITASI MONITORING DAN EVALUASI KOMISI INFORMASI KEPRI

kwbckepri Bea Cukai

Tanjung Balai Karimun – Selasa, 29 November  2016,  Komisi Informasi Provinsi (KIP) Kepulauan Riau melakukan kegiatan visitasi monitoring dan evaluasi (monev) ke Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau.

Kunjungan komisi diterima oleh Pelaksana Harian Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, Hilman Satria. Dalam acara ramah-tamah, beliau sangat mengapresiasi atas kunjungan dan penilaian yang diberikan oleh Komisis Informasi secara objektif. Tim komisi terdiri dari tiga komisioner yakni Anggota Komisi Informasi Bidang Advokasi, Sosialisasi, dan Edukasi, Hj. Liesminidininingsih, S.H., Anggota Komisi Informasi Kelembagaan, Jazuli, S.T., M.M., Anggota Komisi Informasi Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi, Ferry Muliadi Manalu, S.Sos., M.M., Sekretaris Komisi dan staf.

img_0039-copy

Visitasi bertujuan untuk mencocokkan hasil fisik monitoring dengan kuesioner yang sudah dikirim sebelumnya seperti pengarsipan, hasil rapat dan surat-menyurat. Salah atu hal yang dievaluasi adalah tidak adanya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang ditunjuk di unit eselon II, hal ini tentu menjadi momentum bagi DJBC agar keberadaan PPID tidak hanya di Unit Eselon I melainkan di seluruh satuan kerja.

img_0076

Tahun 2015 Kantor Wilayah DJBC Khusus kepulauan Riau menduduki peringkat sebelas dari sebelas instansi vertikal yang dinilai dan ini menjadi warning bersama.  Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus kepulauan Riau, Parjiya pun memberikan instruksi agar peringkat keterbukaan informasi Kantor Wilayah DJBC Khusus kepulauan Riau Tahun 2016 segera diperbaiki.

Tahun 2016, Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau melakukan  perbaikan pelayanan informasi publik di berbagai aspek mulai dari kuesioner, website, meja informasi dan sebagainya. Pada 9 September 2016 dilakukan kunjungan ke Kantor Komisi Informasi Provinsi di Tanjung Pinang untuk mendapatkan informasi rinci mengenai penilaian dilanjutkan ke Kantor Badan Pusat Statisitik Provinsi sebagai bahan studi banding (baca : Menuju Keterbukaan Informasi Publik yang Lebih baik!).  Ini adalah beberapa strategi yang dijalankan Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau dalam memperbaiki peringkatnya.

img_0101-copy

Setelah melakukan monitoring, rombongan komisi diarahkan ke museum sebagai salah satu media informasi publik yang interaktif ke masyarakat dan dilanjutkan dengan visitasi ke KPPBC Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun di siang hari. Diharapkan dengan adanya visitasi monitoring dan evaluasi dari Komisi Informasi dapat menjadikan Kantor Wilayah DJBC Khusus kepulauan Riau sebagai instansi yang ramah dalam hal keterbukaan infomasi.

Posted by Syarif/Admin.

You May Also Like..

Realisasi Penerimaan DJBC

Per 30 Juli 2019 Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mendapatkan penerimaan negara sesuai dengan tabel berikut

BEA CUKAI GAGALKAN DUA PULUH TUJUH KASUS PENYELUNDUPAN DALAM OPERASI JARING SRIWIJAYA III

Tanjung Balai Karimun (03/07/2019) Bea Cukai menutup Operasi Patroli Laut Terpadu Jaring Sriwijaya III periode tanggal 26 Mei s.d. 30 […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.