Bea Cukai Kepulauan Riau Musnahkan BMN eks Penindakan Periode 2016 Hingga 2019

kasubag-humas Bea Cukai

Tanjung Balai Karimun (03/07) Usai penutupan Operasi Patroli Laut Terpadu Jaring Sriwijaya III periode tanggal 26 Mei s.d. 30 Juni tahun 2019 Bea Cukai Kepulauan Riau menggelar pemusnahan BMN (Barang Milik Negara) bekas tegahan periode 2016 s.d. 2019.

Sejak periode tersebut terdapat setidaknya 22 sarana pengangkut baik yang kewajiban kepabeanannya tidak terselesaikan maupun merupakan barang yang masuk dalam kategori Larangan dan/atau Pembatasan yang diatur oleh instansi pemerintah lainnya selain Bea Cukai.

Dari data yang diberikan Bidang Penyidikan Kanwil Bea Cukai Kepri. Barang Milik Negara bekas tegahan yang statusnya siap untuk dimusnahkan terdiri dari jenis bahan makanan, pakaian maupun barang elektronik yang terpaksa harus dimusnahkan baik karena alasan tidak selesai kewajiban kepabeanannya maupun merupakan jenis barang larangan dan/atau pembatasan.

Selain itu juga terdapat 7.898 unit smartphone turut akan dimusnahkan. Sedangkan akumulasi nilai barang dari BMN bekas tegahan yang sudah mendapat peruntukan dari DJKN (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara) untuk dimusnahkan itu sendiri tercatat sebesar Rp 9.802.281.042,00 (Sembilan Milyar Delapan Ratus Dua Juta Dua Ratus Delapan Puluh Satu Ribu Empat Puluh Dua Rupiah).

Pemusnahan itu sendiri dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi DJBC (Direktorat Jenderal Bea dan Cukai) untuk melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal yang membahayakan juga dilakukan untuk menghilangkan nilai guna dan menghindari penyalahgunaan atas barang-barang tersebut. Bea Cukai tentunya disertai dengan dukungan masyarakat terus berusaha untuk menekan angka impor maupun ekspor ilegal agar tidak memberikan dampak yang dapat mengganggu keseimbangan perekonomian bangsa.

You May Also Like..

BEA CUKAI KEPRI GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR PASIR TIMAH LEBIH DARI 10 TON

Tanjung Balai Karimun (26/06/2020) – Tidak kenal lelah dalam menjaga kedaulatan NKRI dari upaya penyelundupan, pada Kamis 25 Juni 2020 […]

BEA CUKAI KEPRI BERHASIL GAGALKAN PENYELUNDUPAN 119 KG NARKOBA

Tanjung Balai Karimun (25/06/2020) – Berdasarkan analisa informasi yang dilakukan dalam Operasi Patroli Laut Kanwil Khusus Bea Cukai Kepulauan Riau […]

Sinergi Bea Cukai RI dan Singapore Customs Dalam Masa New Normal

Tanjung Balai Karimun (23/06/2020) – Pada hari Selasa 23 Juni 2020, Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau mengikuti Video Conference […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.