TINGKATKAN KUALITAS KEHUMASAN BEA CUKAI KEPRI SELENGGARAKAN PELATIHAN KEHUMASAN

Bea Cukai

Rabu (15/6), Seiring perkembangan teknologi informasi yang kian pesat, lalu lintas pertukaran informasi saat ini menjadi sangat gencar. Instansi Pemerintah dituntut untuk selalu dapat mengikuti perkembangan jaman, tak terkecuali dalam hal pengelolaan informasi dan strategi komunikasi kepada masyarakat.

Pentingnya peranan kehumasan dalam mendukung berjalannya tugas dan fungsi Bea Cukai Kepri, Akhmad Rofiq selaku Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau menginisiasi pembentukan tim kehumasan yang melibatkan seluruh unsur kehumasan di Lingkungan Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau serta pejabat/pegawai yang memiliki minat di bidang kehumasan. Tim ini dibentuk mengingat besarnya tugas dan tanggung jawab kehumasan Bea Cukai Kepri sebagai sarana informasi dan komunikasi pertama dengan stakeholder, ditambah kondisi geografis Provinsi Kepulauan Riau yang merupakan provinsi kepulauan sehingga perlu adanya tim kehumasan yang cakap dan handal dalam menerapkan strategi komunikasi yang dapat menjangkau masyarakat di pulau-pulau terpencil.

Bea Cukai Kepri menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Pelatihan Kehumasan di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau yang berlangsung dari tanggal 15 Juni sampai dengan 16 Juni 2022. Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan koordinasi di bidang kehumasan dan mengembangkan kompetensi para agen kehumasan Bea Cukai Kepri. Humas atau Hubungan Masyarakat memiliki tugas memberikan pemahaman publik yang baik sehingga dapat meningkatkan kepercayaan publik kepada organisasi atau instansi.

Para peserta mendapatkan materi yang sangat dibutuhkan untuk menjadi agen kehumasan yang handal. Para peserta diajarkan mengenai Teknik Fotografi, Teknik Menulis Narasi, Dasar-dasar Jurnalistik Kehumasan, dan Strategi Kehumasan yang baik. Tidak hanya belajar teori, para peserta juga diharuskan mempraktikkan teknik fotografi dan menulis materi dalam pelaksanaan kegiatan Pemusnahan BMN yang dilaksanakan pada 15 Juni 2022.

Demi tersampainya materi secara maksimal kepada para peserta, Bea Cukai Kepri mengundang narasumber-narasumber hebat yang memiliki keahlian pada bidang tersebut. Bea Cukai Kepri mengundang empat narasumber pada Pelatihan Kehumasan ini, yaitu :

1. Bapak Hatta Wardhana, selaku Kepada Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Kantor Pusat Bea Cukai;

2. Bapak Muchamad Ardani, selaku Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara;

3. Bapak Nikolas Purnama, selaku Wartawan LKBN Antara;

4. Bapak Kurnia Syaifullah, selaku Wartawan TV One.

Dengan adanya Pelatihan Kehumasan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para agen kehumasan di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, juga meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi kehumasan pada Bea Cukai Kepri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.