SOSIALISASI UMKM WEEK 2022

Bea Cukai

“UMKM NAIK KELAS, EKONOMI TANCAP GAS”

Rabu (22/6), UMKM memiliki peranan yang penting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2021, UMKM telah memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah. Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi. Disamping besarnya potensi dan kontribusi yang diberikan, pemberdayaan UMKM di Indonesia juga tidak terlepas dari tantangan.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, PSO BC Tg. Balai Karimun, dan KPPBC TMP B Tg. Balai Karimun berupaya untuk mendukung peran UMKM dalam perekonomian dengan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi UMKM Week 2022 yang diselenggarakan secara hybrid di Gedung Serbaguna Kecamatan Moro. Sosialisasi dibuka oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC TMP B TBK, Winarto, dan turut dihadiri juga oleh Yusufian selaku Camat Moro dan Athaya Salsabila selaku perwakilan dari Rumah BUMN.

Narasumber pada sosialisasi kali ini yaitu Muhammad Hanifah, Kepala Seksi Fasilitas Kepabeanan Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, memaparkan materi seputar UMKM meliputi teknik pemasaran dan produksi, strategi branding, program Kementerian Keuangan dalam pemberdayaan UMKM, serta fasilitas DJBC kepada UMKM antara lain dukungan logistik, klinik ekspor, fasilitas KITE IKM, dan asistensi pengusaha UMKM. Sosialisasi berlangsung dengan interaktif yang mana terlihat dari antusias para pelaku UMKM yang aktif dalam berbagi pengalaman dan bertanya terkait solusi atas kendala yang mereka hadapi.

Diharapkan dengan diselenggarakannya sosialisasi UMKM Week ini mampu memotivasi pengusaha UMKM di Kepulauan Riau untuk dapat mengembangkan usahanya melalui pemanfaatan fasilitas maupun dukungan pemerintah secara optimal, sehingga produk UMKM lokal dapat bersaing di pasar global.

“UMKM naik kelas, ekonomi tancap gas!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.