Profil Pimpinan

RUSMAN HADI

Lahir di Malang pada tanggal 24 April 1969, menyelesaikan pendidikan di Prodip III Bea dan Cukai Angkatan IV pada tahun 1991 dan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Sosial dari Sekolah Tinggi Ilmu Sos – Pol Wira Bhakti. Mengawali karir sebagai Fungsional Pemeriksa Dokumen pada 16 Juni 1994, Rusman Hadi dikenal sebagai pemimpin yang memiliki segudang pengalaman di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Mulai tahun 2007, Rusman Hadi dilantik menjadi Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe A4 Sabang. Pada tahun 2010, ia menjabat Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam. Pada tahun 2012, ia menjabat Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe B Bandar Lampung. Pada tahun 2015, ia menjabat Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur. Baru pada 21 Agustus 2017, Beliau dilantik oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk mengisi jabatan menjadi Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau. Rusman Hadi, S.Sos resmi jabat Kepala Bea Cukai Kepulauan Riau setelah dilantik di Aula Djuanda Lantai Mezzaninne Gedung Djuanda I Kementrian Keuangan.

Pada Tahun 1995, Beliau mendapatkan Sertifikat PPNS dari Kepolisian Republik Indonesia. Pada 10 Mei 2016 beliau mendapatkan piagam Perpindahan Pejabat Penyidik PNS dari Menkumham atas pengabdiannya pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

IWAN SETYABOEDHI

Lahir di Madiun, pada tanggal 5 Oktober 1970. Menempuh pendidikan Sarjana Ekonomi Manajemen Kebeacukaian dari Sekolah Tinggi Keuangan Niaga dan Negara. Kemudian, beliau melanjutkan studi di Universitas Sriwijaya dengan gelar Magister Manajemen pada tahun 2006.

Dengan fokus pada bidang manajemen, ia menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau dari tahun 2017 hingga sekarang. Beliau juga pernah menjabat Kepala Subbagian Umum Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Bontang.

Beliau pernah mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya Satyalancana Karya Sapta XX Tahun dari Presiden Republik Indonesia (2012) dan Satyalancana Karya Sapta X Tahun dari Presiden RI Tahun 2005 atas pengabdiannya pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

FUAD FAUZI 

Lahir di Bangkinang, Riau pada tanggal 01 Desember 1970. Menempuh pendidikan Diploma III di Prodip Bea dan Cukai Angkatan V dan lulus pada tahun 1992.

Tahun 1992, memulai karirnya sebagai pelaksana di Pusat Pengolahan Data dan Informasi. Tahun 1996 – 2008 sebagai fungsional pranata komputer di Kantor Pusat DJBC. Tahun 2009 – 2012, Fuad  dipercaya menjabat Kepala Seksi Dukungan Teknis dan Distribusi Dokumen (DTDD) di KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Mas. Tahun 2012 – 2014 menjabat Kepala DTDD di KPPBC Tipe Madya Pabean Juanda. Tahun 2014 – 2015 menjabat Kepala DTDD di KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Perak. Pada Agustus 2015, Fuad dipercaya menjabat sebagai Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Teluk Nibung. Pada 27 Maret  2017 beliau dilantik sebagai Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau.

Pada tahun 2004 Fuad menerima penghargaan dari Direktur Jenderal Bea dan Cukai atas prestasi luar biasanya.

AGUS DJOKO PRASETYO

Lahir di Surabaya pada tanggal 12 Agustus 1972. Gelar Diploma III diraih dari Prodip III Bea dan Cukai Angkatan VI pada tahun 1993, sedangkan gelar Sarjana Hukum diperoleh dari Universitas Jakarta pada tahun 2000. Tahun 2015 gelar Magister Hukum didapatkannya di Universitas Lampung.

Mulai bekerja sebagai CPNS pada Kantor Inspeksi Bea dan Cukai Tipe B Panjang pada tanggal 26 Mei 1995. Pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Barang Hasil Penindakan serta Kepala Seksi Penindakan II di Direktorat Penindakan  dan Penyidikan. Sejak tahun 2016 mengepalai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tarakan, kemudian pada 27 Maret 2017 ditetapkan menjadi Kepala Bidang Penyidikan dan Barang Hasil Penindakan Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau.

Tahun 2009 – 2011, Agus aktif mengajar DTSS Penyidik Lanjutan dan pada tahun 2012 – 2015 aktif mengajar  DTSS Penindakan di Pusdiklat Bea dan Cukai. Agus juga dikenal sebagai salah satu penggagas Diklat CET (Customs and Excise Enforcement Team).

IBNU SINA

Lahir di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 1971. Menempuh pendidikan Sarjana Teknik Mesin di Universitas Indonesia pada tahun 1990. Melanjutkan pendidikan Magister Ekonomi Kebijakan Publik dari Universitas yang sama pada tahun 2007.

Pada Tahun 1999, mengawali karir Pegawai Negeri Sipil sebagai pelaksana di Direktorat Fasilitas Kepabeanan. Tahun 2004, Ibnu mendapatkan promosi sebagai Kasubbag Kepegawaian di Kanwil DJBC Aceh. Sejak Juli 2005 mendapatkan mutasi beberapa kali baik sebagai kepala seksi maupun pejabat fungsional ke Direktorat Teknis Kepabeanan, KPPBC Tanjung Priok I dan Direktorat Fasilitas Kepabeanan. Pada Tahun 2012 mendapatkan promosi menjadi Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Sintete. Pada tanggal 31 Juli 2015 beliau dilantik pada posisinya yang sekarang yaitu Kepala Bidang Kepabanan dan Cukai Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau.

EDY SUSETYO

Lahir di Madiun pada tanggal 6 September 1968. Menempuh pendidikan Diploma III Keuangan, Spesialisasi Bea dan Cukai Angkatan III . Gelar Sarjana Ekonomi diraih pada tahun 2005 dari Universitas Terbuka.

Mengawali karir Pegawai Negeri Sipil sebagai pelaksana Fungsional Pemeriksa Dokumen pada Kelompok Tenaga Fungsional Pemeriksa, Bea dan Cukai pada tahun 1991. Pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Operational Komputer dan Distribusi dokumen KPPBC Tipe A Bekasi. Tahun 2016 menjadi Kepala Subbagian Tata Usaha Direktorat Kepatuhan Internal, dan pada 3 Oktober beliau dipercaya menjabat sebagai Kepala Bidang Kepatuhan Internal Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau.

Edy Susetyo juga memiliki beberapa riwayat seminar diantaranya berupa Diplomasi Ekonomi Angkatan I di Pusdiklat Keuangan Umum, SPPK Pej. Fungsional Pranata Komputer dan Peranan Teknologi Data Warehouse di Departemen Kauangan RI. Beliau juga pernah mendapatkan piagam penghargaan prestasi luar biasa dari Direktur jenderal Bea dan Cukai.

 

 

Instagram URL Facebook URL Twitter URL Youtube URL