Pelatihan Rutin Menembak Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau

kwbckepri Bea Cukai

Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau sebagai garda terdepan dalam rangka menjaga wilayah perairan Selat Malaka,mempunyai tugas dan fungsi untuk memberantas penyelundupan dan melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang berbahaya. Terkait dengan itu, tentu dalam melaksanakan tugasnya sering bersinggungan dengan bahaya yang beresiko tinggi sehingga pejabat atau pegawai perlu dibekali dengan senjata api dan kemampuan (skill) menggunakan senjata api sebagai alat pertahanan diri.

SAM_7770

SAM_7659

Untuk meningkatkan kemampuan tersebut, pada hari Selasa tanggal 9 Juni 2015 pukul 09.30 WIB s.d selesai, dilaksanakan latihan menembak di Lapangan Tembak Kompi Senapan B Yonif 134 Tuah Sakti Pasir Panjang Tanjung Balai Karimun. Kegiatan latihan menembak merupakan kegiatan rutin yang diinisiasi oleh Bidang Penindakan dan Sarana Operasi bekerja sama dengan Kompi Senapan B Yonif 134 Tuah Sakti Pasir Panjang dengan peserta latihan adalah Pejabat dan Pegawai dari Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, Pangkalan Sarana Operasi Tipe A Tanjung Balai Karimun, dan KPPBC di bawah lingkungan Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau.

SAM_7583

SAM_7574

Latihan menembak ini dihadiri dan dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Bapak Parjiya, SH kemudian dilanjutkan dengan briefing singkat dari tim pelatih Kompi Senapan B Yonif 134 Tuah Sakti Pasir Panjang meliputi dasar-dasar menggunakan senjata dan sikap memegang senjata yang baik dan benar dan tidak lupa menekankan masalah safety atau keamanan yang merupakan aspek terpenting dalam latihan menembak ini.

Latihan pertama adalah menembak menggunakan pistol dengan 5 peluru karet untuk tembak koreksi dan 10 peluru tajam untuk penilaian, kemudian dilanjutkan menggunakan senapan laras panjang berisi 6 peluru tajam. Senjata yang digunakan dalam latihan menembak ini adalah senjata organik Bea Cukai yaitu senapan SBC1 serta pistol P3 buatan PT. Pindad, Bandung.

SAM_7614

SAM_7667

Sampai dengan kegiatan berakhir, acara latihan menembak  berlangsung lancar dan aman. Diharapkan dengan kegiatan latihan menembak selain untuk melatih kemampuan, meningkatkan ketrampilan pegawai dan upaya lebih mengenal dan mengetahui karateristik senjata di lingkungan Bea Cukai sehinga dapat memahami benar baik teknis penggunaan maupun pemeliharaannya, juga bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antar pegawai.

You May Also Like..

Realisasi Penerimaan DJBC

Per 30 Juli 2019 Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mendapatkan penerimaan negara sesuai dengan tabel berikut

BEA CUKAI GAGALKAN DUA PULUH TUJUH KASUS PENYELUNDUPAN DALAM OPERASI JARING SRIWIJAYA III

Tanjung Balai Karimun (03/07/2019) Bea Cukai menutup Operasi Patroli Laut Terpadu Jaring Sriwijaya III periode tanggal 26 Mei s.d. 30 […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.