PEKAN DISIPLIN : WUJUDKAN REFORMASI BERKELANJUTAN

Tanjung Balai Karimun, Senin 26 September 2016 – Disiplin merupakan sikap yang seharusnya membudaya pada diri pribadi, lingkungan kerja dan institusi sehingga terwujud suasana kondusif dan dinamis dalam pencapaian kinerja. Dalam rangka meningkatkan dan memelihara kedisplinan pegawai, Kantor Wilayah Bea dan Cukai Tanjung Balai Karimun mengadakan Pekan Disiplin selama lima hari yakni tanggal 26 – 30 September 2016.

pekan-disiplin-3

Sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris DJBC nomor SE-11/BC.1/2013 tanggal 8 November 2013 mengenai Ketentuan Teknis Pelaksanaan Pekan Disiplin Pegawai DJBC dijelaskan Pekan Disiplin merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh seluruh Kantor Bea dan Cukai dalam menciptakan momentum penekanan bagi pelaksanaan ketentuan disiplin yang selama ini telah dijalankan.  Penekanan dimaksud adalah kewajiban untuk memenuhi ketentuan dan penegakkan disiplin yang selama ini dirasa kurang atau tidak dilaksanakan , serta pemberlakukan sanksi bagi yang tidak memenuhinya.

pekan-disiplin-4

Penegakan disiplin meliputi tiga hal yakni berpakaian dinas seragam, kehadiran dan jam kerja, serta sikap dan prilaku.  Adapun penanggungjawab  kegiatan adalah Bidang Kepatuhan Internal dibantu beberapa pelaksana terkait dan diikuti oleh seluruh pegawai, CPNS dan pejabat di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau.

pkd-keluar

Pada hari pertama pelaksanaan pekan disiplin banyak ditemukan pelanggaran seperti  tidak menggunakan helm, masuk terlambat, seragam dan atribut yang tidak sesuai dengan peraturan, dan sebagainya.  Alasan beberapa pelanggar peraturanpun beragam mulai dari lupa, terburu-buru hingga tidak mengetahui adanya pelaksanaan pekan disiplin.  Tindakan lanjut bagi pegawai yang melanggar peraturan,  pegawai akan didata dan dilaporkan ke seksi  atau atasan yang bersangkutan untuk mendapatkan sanksi lebih lanjut.

Adanya Pekan disiplin diharapkan terciptanya reformasi birokrasi lanjutan di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai khususnya dalam peningkatan disiplin dan manajemen Sumber Daya Manusia. Bagaimanapun juga, pegawai dengan disiplin yang tinggi akan menghasilkan instansi yang sarat akan prestasi.

Posted by Syarif / Admin.

Leave a Comment


XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Facebook URL Twitter URL Youtube URL