Membuka wawasan tentang Pusat Logistik Berikat ( PLB ) di Kepulauan Riau

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menjadi tuan rumah dalam acara sosialisasi Pusat Logistik Berikat (PLB) yang diprakarsai oleh Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau.

Acara dimaksud dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2016 di Kantor Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Dompak, Tanjung Pinang. Sosialisasi dibuka oleh Sekda Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dengan membacakan pidato peresmian PLB di Jakarta oleh Presiden R.I Joko Widodo yang pada intinya Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mendukung program Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Kementerian Keuangan yang memfasilitasi pembangunan Pusat Logistik Berikat (PLB) dan juga menjadi program nasional Paket Kebijakan Ekonomi Jilid II pada September 2015 lalu. PLB adalah gudang logistik multi fungsi untuk menimbun barang impor atau lokal dengan kemudahan fasilitas perpajakan berupa penundaan pembayaran bea masuk dan tidak dipungut PPN dan/atau PPnBM, serta fleksibilitas operasional lainnya.

IMG_6270 copyIMG_6251 copyIMG_6254 copyIMG_6238

Selanjutnya Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, Parjiya,  menyampaikan tentang gambaran umum Fasilitas Kepabeanan yang diikuti penyampaian materi PLB oleh Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Khusus Kepri, Ibnu Sina.

Acara yang dihadiri oleh 2 sumber undangan yaitu undangan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau meliputi stakeholder internal pemerintahan di Provinsi Kepulauan Riau yaitu Gubernur Kepulauan Riau, Danlatamal IV, Kapolda Kepulauan Riau, Kabinda Kepulauan Riau, Walikota Tanjung Pinang, Walikota Batam, Bupati Karimun, Bupati Bintan, Dinas Perindustrian Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Perdagangan Provinsi Kepulauan Riau, BP Kawasan Bintan, Batam, Karimun.

Undangan yang kedua adalah dari Kantor Pelayanan di Lingkungan Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau yang terdiri dari Pelaku usaha di masing-masing satker beberapa yang tergolong besar adalah Pertamina, Saipem, Oil Tanking, Premier Oil, ConocoPhillips, Star Energy dll.

Dalam acara yang dihadiri juga oleh Asosiasi PLB, Ir. Widianto dan Hendra Kurniawan,  yang menyampaikan testimoni operasional PLB dan keuntungan-keuntungan yang diperoleh selama menjalankan bisnis dengan memanfaatkan fasilitas PLB. Acara sosialisai ini juga diliput TV Kepri untuk disampaikan kepada masyarakat di wilayah Kepulauan Riau.

Leave a Comment


XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Facebook URL Twitter URL Youtube URL