Klinik Online


If you provide an Email you will receive a message, once your Question is Answered.
  • nurcholifah 12 November 2018
    apakah barang import yang masuk ke kawasan ftz tanjung balai karimun melalui jakarta bisa mendapat pengembalian bea masuk?

    Apabila barang import yang dikirim dan ditujukan ke wilayah FTZ Tanjung balai karimun yang masuk melalui Jakarta sudah diselesaikan kewajiban pabeannya di Jakarta, maka barang tersebut tidak bisa mendapatkan fasilitas pengembalian bea masuk. Jika anda mengimpor barang dari luar negeri dan ingin mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk, sebelumnya anda harus memastikan bahwa barang yang anda kirim menggunakan dokumen PPFTZ 01.
  • Anonymous 12 November 2018
    apakah dasar hukum vape dikenakan cukai?

    Cukai adalah pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik yang ditetapkan dalam Undang-undang Cukai (UU No. 11 tahun 1995 jo. UU No. UU 39 Tahu 2007). Dalam Undang-undang Cukai dijelaskan bahwa hasil tembakau merupakan barang kena cukai berdasarkan pasal 5 Undang-Undang Cukai. selanjutnya vape diatur lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146/PMK.010/2017 Tahun 2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau. Yang termasuk HPTL meliputi:
    1. ekstrak dan esens tembakau;
    2. tembakau molasses;
    3. tembakau hirup (snuff tobacco); atau
    4. tembakau kunyah (chewing tobacco).
    Dalam hal ini vape (rokok elektrik) berasal dari tembakau, maka cairan vape termasuk sebagai HPTL yaitu ekstrak dan esens tembakau. Pengenaan dasar tarif cukai pada vape atau rokok elektrik ditetapkan sebesar 57%.
  • Teuku 4 November 2018
    apakah pegawai yang sudah pensiun bisa melakukan konsultasi ke klinik hukum ini?

    Selamat Sore, kami sangat terbuka apabila Bapak/Ibu purnabhakti ingin berkunjung dan melakukan konsultasi ke Klinik Hukum kami terkait pelaksanaan tugas dan fungsinya selama bertugas menjadi pegawai Bea Cukai. Terima Kasih.
Instagram URL Facebook URL Twitter URL Youtube URL