“KIAT-KIAT MENEMBUS PASAR GLOBAL”

Minggu (29/8), Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau diwakili Bapak Awaluddin selaku Kepala Seksi Fasilitas Kepabeanan menjadi salah satu Narasumber dalam Webinar “KIAT-KIAT MENEMBUS PASAR GLOBAL” dalam rangkaian Webinar Gebyar Melayu Pesisir Seri 2 yang digelar oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) melalu Zoom Cloud Meeting dan Live di Channel YouTube Bank Indonesia Kepri.

Perekonomian Global mulai pulih seiring tren penurunan kasus Covid-19. Perekonomian Indonesia diproyeksi rebound pada tahun 2021 didukung oleh peningkatan konsumsi rumah tangga, investasi, pengeluaran pemerintah dan ekspor. Peran UMKM sangat sentral termasuk dalam mendorong ekspor. Kontribusi UMKM terhadap ekspor masih berada di level 15%, terbuka potensi untuk ditingkatkan karena sektor ini banyak menyerap tenaga kerja, pemanfaatan teknologi digital sangat diperlukan.

Bapak Awaluddin menyampaikan salah satu tugas utama DJBC di tahun 2020-2021 adalah mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Salah satu strategi yang dijalankan yaitu membuka layanan asistensi dan pendampingan melalui klinik ekspor yang ada di Kantor-Kantor Pelayanan Bea dan Cukai terhadap UMKM untuk dapat menangkap peluang ekspor produk daerah. Stigma yang ada di masyarakat bahwa ekspor itu sulit sesungguhnya tidak demikian. Bapak Awaluddin menyampaikan bahwa ekspor itu mudah karena pelayanan ekspor sudah tersistem secara online dan UMKM hanya memerlukan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk memperoleh akses kepabeanan.

Dalam kesempatan Webinar ini Bapak Awaluddin juga menyampaikan konsep umum kepabeanan, prosedur ekspor impor secara umum termasuk ekspor impor melalui Kawasan Bebas serta ragam insentif fiskal dan fasilitas kepabeanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.