KEK Galang Batang

Bintan (2/7), Menko Perekonomian secara daring melakukan pelepasan kegiatan ekspor perdana PT. Bintan Alumina Indonesia (PT BAI), sebagai salah satu program Pemulihan Ekonomi Nasional pada Jumat 2/7, di KEK Galang Batang, Bintan. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS, Kemenko Maritim dan Investasi, Kementerian Perhubungan, Kementerian Ketenagakerjaan, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Gubernur Kepulauan Riau, Sekretaris Dewan Nasional KEK, Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Bupati Bintan, dan Direktur Utama PT Bintan Alumina Indonesia.

Dalam sambutannya, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan, “KEK Galang Batang merupakan KEK yang pembangunannya cukup cepat dan masif. Untuk itu kami berikan apresiasi kepada PT. BAI yang telah berhasil merealisasikan rencana pembangunan di KEK Galang Batang. Kesuksesan tersebut ditandai dengan dilakukannya ekspor perdana ini.”

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad juga menyampaikan harapan bahwa KEK Galang Batang akan menjadi mesin pemulihan ekonomi Kepri dan nasional, dan menjadi instrumen pendorong daya saing Indonesia.

Ekspor perdana PT BAI berupa sandy calcined metallurgical grade alumina sebanyak 15 ribu ton dengan nilai USD 4 juta, diangkut oleh MV Hongsheng 7 dengan tujuan Malaysia. Jumlah itu merupakan bagian dari target ekspor tahun pertama sebesar 1 juta ton/tahun dengan nilai ekspor USD 300 juta.

PT BAI merupakan perusahaan multi nasional, yang investornya berasal dari 3 negara, yaitu Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Saat ini investasi yang telah direalisasikan sebesar Rp 12,8 Triliun, dari target Rp 36 triliun yang rencananya akan direalisasikan secara bertahap sampai dengan 2025.

Kegiatan ekspor perdana ini tidak lepas dari peran Kanwil Bea Cukai Kepri dan Bea Cukai Tanjungpinang, berupa pemberian fasilitas kepabeanan sebagai Kawasan Pabean sesuai  KEP 69/WBC.04/2021 Tgl 25 Maret 2021. Selain itu, Kanwil Bea Cukai Kepri juga memberikan asistensi yang baik, sehingga realisasi ekspor perdana KEK Galang Batang PT BAI dapat terealisasi pada tanggal 02 Juli 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.