Bea Cukai Kepri Mengajak Pelajar turut Membela Negara

Tanjung Balai Karimun, 16-17 Agustus 2018 telah dilaksanakan kegiatan Customs Nation Program (CNP) 2018 atau yg lebih dikenal dengan kegiatan Bela Negara / Wawasan kebangsaan yang diikuti oleh 28 peserta dari 14 SLTA sederajat se Kabupaten Karimun, dalam rangka memperingati HUT RI ke-73.

Kegiatan CNP ini adalah format baru yg kita coba dalam mengedukasi pemuda generasi bangsa yg masih menduduki jenjang pendidikan tingkat SLTA tentang kepabeanan dan cukai. Kewajiban mengedukasi eksternal inipun melekat dalam Indikator Kinerjs Utama (IKU) Kepala Kantor Wilayah. Dibanding format yg lazim dilakukan berupa sosialisasi atau seminar, momen hari kemerdekaan ini dimanfaatkan dengan menggabungkan beberapa Tugas dan Fungsi Dirketorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) sebagai Community Protector sebagai Border Protector dan Revenue Collector.

Pemberian materi terkait dengan pengenalan Tugas Pokok dan Fungsi DJBC, Wawasan Kebangsaan Cinta Tanah Air dan pengenalan sekilas tentang pelaksanaan patroli laut, serta langsung dipraktekan simulasi pelaksanaan patroli laut dengan menggunakan Kapal Patroli BC 30001 milik Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Balai Karimun (PSO BC Tipe A TBK).

Dengan diselenggarakannya kegiatan CNP ini, harapan besar dapat terbukanya wawasan / pandangan yg lebih luas dari peserta terhadap DJBC yang pengaplikasian kinerjanya memiliki peran yang cukup strategis dalam upaya mengawasi tindak pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai, serta menarik minat putra daerah Tanjung Balai Karimun agar memiliki cita-cita dan kemauan keras untuk bisa bergabung bersama DJBC.

 

 

Leave a Comment


XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Instagram URL Facebook URL Twitter URL Youtube URL