Bea Cukai Khusus Kepri Peringati Hari Bea dan Cukai Tahun 2018

Tanjung Balai Karimun (05/10/2018) – Upacara peringatan hari Bea Cukai ke-72 Tanggal 04 Oktober 2018 ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor, Bapak Rusman Hadi di Lapangan Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau (Kanwil DJBC Khusus Kepri).

Upacara dihadiri oleh seluruh Pejabat dan Pegawai di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau termasuk KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun dan PSO BC Tipe A Tanjung Balai Karimun, para purnabhakti dan siswa sekolah. Komandan Upacara yang ditunjuk yakni Kepala Seksi Penyidikan II, Hari Kusuma Setia Negara.

Pada upacara Hari Bea dan Cukai ke-72 diberikan apresiasi dan penghargaan kepada beberapa Pegawai Beprestasi dan Pegawai Menginspirasi di lingkungan kerja Bea dan Cukai Karimun. Selain itu diberika juga penghargaan dan hadiah kepada siswa pemenang lomba cerpen Bea dan Cukai, pegawai pemenang sayembara penamaan aula dan pegawai yang telah memasuki masa bhakti.

Dalam amanatnya, Kepala Kantor menyampaikan pidato Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam peringatan Hari Bea Cukai ke-72 yang dilaksanakan serentak di seluruh Kantor Bea Cukai se-Indonesia.

Dikutip dari pidato Menteri Keuangan tersebut, bahwa memasuki usia yang ke-72, Bea Cukai siap untuk lepas landas menuju sasaran yang telah ditentukan dengan kerja cerdas dan berintegritas serta siap memberikan performa yang terbaik. Berbagai terobosan dan hasil yang diraih Bea Cukai sejauh ini, seperti Penertiban Importir Berisiko Tinggi, Program Sinergi dengan Direktorat Pajak serta program-program lain dalam rangka pembenahan di sektor fasilitasi, pengawasan dan pelayanan, turut membuat Bea Cukai menjadi lebih kredibel dan terpercaya di mata masyarakat.

Melalui peran sebagai Industrial Assistance dan Trade Facilitator, Bea Cukai telah melakukan serangkaian terobosan nasional seperti pengembangan Pusat Logistik Berikat (PLB), perluasan penerima fasilitas Authorized Economic Operator (AEO), pembentukan Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM) serta simplifikasi aturan perizinan di bidang kepabeanan dan cukai. Langkah-langkah tersebut diharapkan mampu menjawab tantangan perekonomian global, sekaligus turut mendorong pertumbuhan industri dalam negeri dan perekonomian nasional.

Sementara dari sisi pengawasan, pemberantasan terhadap perdagangan illegal semakin gencar dilakukan, mulai dari penyelundupan impor, rokok dan minuman keras ilegal, bahkan sampai dengan narkotika yang ancamannya makin hari makin besar.

Kepada generasi muda Bea Cukai, Menteri Keuangan berpesan bahwa hal terpenting yang harus kita tanamkan dalam diri yaitu bekerja dengan integritas tinggi. Jangan pernah berpikir Bea Cukai hanyalah satpam yang menjaga pintu masuk dan keluar barang impor ekspor saja. Apabila berfikir secara makro dan luas, Bea Cukai tidak hanya merupakan agen fiskal yang memungut penerimaan, namun juga merupakan agen perekonomian, yang turut menjaga pertumbuhan dan stabilitas ekonomi bangsa Indonesia.

Selepas upacara, Para Pejabat menyalami para relawan Kapal Patroli yang akan diterjunkan ke Pantoloan-Palu dalam rangka membantu para pegawai Bea dan Cukai Palu yang menjadi korban gempa dan tsunami. Selanjutnya diadakan Pemotongan Nasi Tumpeng yang dihadiri oleh seluruh Pejabat di lingkungan Kanwil DJBC Khusus Kepri.

Semoga pada peringatan tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang, Bea Cukai bisa terus menjaga komitmen tinggi, terus bekerja cerdas dan berintegritas demi mewujudkan Bea Cukai makin baik, Kementerian Keuangan makin baik, dan bangsa Indonesia yang makin baik.

Leave a Comment


XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Instagram URL Facebook URL Twitter URL Youtube URL